Selasa, 10 Maret 2009

Siwo Sastro Prawiro Digondol Cepet

Di satu perdukuhan ada dua nama satunya Mbah Cokro Tumijan dan Siwo (sebutan untuk Pakde) Cokro Prawiro, dua ini rumahnya di sebelah barat dan sebelah timur rumahku. pengalaman yang paling menarik itu adalah Siwo Cokro digondol Cepet (Wewe Gombel).
Ini aneh tapi nyata orang dibawa menghilang oleh mahluk halus, katanya ia melihat orang satu dukuh sedangkan yang bersangkutan tidak kelihatan. Ini berlangsung hampir 1 minggu lamanya, ini pengalaman yang tidak masuk logika.
Kejadiannya begini waktu itu habis maghrib, siwo Cokro keluar dari rumah untuk sebuah keperluan, namun ia tak kembali-kembali sampai larut malam bahkan pagi hari. Orang kebingungan karena kalau ia bepergian ia langsung minta ijin sama istri dan keluarganya, namun ia tak pamit akan pergi jauh. Karena binggung istrinya menanyakan ke seluruh warga desa. Ternyata tak ada yang menemukan batang hidungnya. Ternyata kata orang-oran siwo Cokro dicolong Cepet.
Wargapun mencarinya magrib sampai pagi hari dengan menabuh kentongan bertalu-talu, ternya nggak ketemu juga. Usahapun dilakukan berbagai orang pintar dan dukun dikumpulkan, dah wargapun menyiapkan beberapa sesaji. Dan mereka berusaha samapi putus asa.
Namun setelah pencarian satu minggu ditemukannya Siwo cokro di ats pohon kepuh, dia nggak bisa bicara dan turun, dan akhirnya dipanjatlah pohon itu, dan dibawa pulanglah siwo Cokro yang rumahnya hanya 20 meter dari pohon Kepuh.
Setelah minum secukupnya siwo Cokro bercerita bahwa dia dibawa oleh amhluk halus sejenis Wewe Gombel yang warga menyebutnya Cepet. Katanya ia dibawa dipegang dan kemudia dilepas untuik pergi menemui siapa saja yang ketemu, tapi tak ada yang mau disap, dia hanya binggung ia melihat orang dan orang tidak melihatnya, ia kadang-kadang pergi kemana-mana mengambil makanan di mana saja, namun gak ada yang menegurnya. Akhirnya dia masuk ke rumah yang tinggi, ternyata itu pohon kepoh yang ia panjat. Sampai orang-orang menemukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar